Senin, 04 Mei 2015

GUNUNG BATU JONGGOL MEMAKAN KORBAN

GUNUNG BATU MEMAKAN KORBAN
(tampak depan)
 (tampak puncak)
  (tampak puncak)
  (tampak pinggir)
 (tampak puncak)
      Assallamullaikum pembaca setia blog, semoga selalu dalam keadaan sehat wallafiat untuk kita semuanya, kali ini Admin akan menceritakn kronologi yang terjadi pada saat seorang pemuda berwisata ke gunung batu.

      03 Mei 2015, menjadi catatan sejarah di kawasan gunung batu, dan bagi warga setempat. Mengapa hal ini bisa terjadi? Biasa aja ya bacanya, jangan terlalu dihayati, baca santai tapi lihat makna nya hehe..

      Menjelang tahun 2015 memang para wisatawan yang refreshing ke tempat-tempat yang menjadi tujuannya begitu banyak, hingga sampai tiap hari saya pun sering kebingungan, mau pada kemana ini orang-orang ?? hingga sampai pergantian tahun pun, para wisatawan semakin membanjiri tempat-tempat wisata yang berada di daerah gunung batu, khususnya Puncak (Vinus), Gunung Batu, dan beberapa air terjun yang berada di sekitarnya.

      Salah satu pilihan favorit mereka yaitu Gunung Batu atau yang lebih terkenalnya dengan sebutan GB, begitu elok dan memanjakan mata bagi yang memandanginya, memiliki keindahan tersendiri dan juga mampu membuat orang-orang yang lewat dengan bertujuan kemana-mana, hingga berhenti sejenak dan mengabadikannya di ponsel mereka. Sangat menarik bukan, itu berarti Gunung Batu sudah memikat hati orang-orang yang melewatinya, begitu juga orang-orang yang tinggal di Gunung Batu yang memikat heheh..

      Gunung Batu Jonggol (sebutan terkenalnya seperti itu) menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan dari berbagai daerah, dan dari yang muda hingga yang tua pun ikut serta untuk berwisata ke gunung batu ini, anak sekolah, Mahasiswa dari Universitas mana-mana. Misalnya dari daerah Cariu, Jonggol, sampai dari Jakarta pun pernah mendatangi Gunung Batu ini, keren bukan ? itu artinya Daerah Gunung Batu Sudah sampai terkenal dimana-mana. Tidak hanya itu, para wisatawan tidak henti-hentinya berdatangan ke gunung batu, sampai-sampai masyarakat GB merasa heran dengan  hal ini, “orang-orang gak ada henti-hentinya memanjat gunung, gak takut apa ?, kami sendiri yang sudah lama tinggal di sini, belum cukup keberanian untuk memanjat gunung yang menjulang tinggi itu?”. Itu salah satu perkataan masyarakat yang bertanya-tanya dengan hal ini. Tidak hanya itu, wartawan dari salah satu TV pun pernah mendatangi wisata ini dengan mewawancarai Ibu Kepala Desa, mengapa wartawan bisa tau ya ?, mungkin ada yang ngasih tau kalau di daerah Bogor ada Wisata yang indah, tapi itu hanya prediksi saya saja sih hehe..

      Mereka (wisatawan) yang sering memanjat dan bolak-balik ke GB, merasa senang dan gembira karena sudah pernah melihat keindahan dari Penciptaan yang Maha Agung, begitu indah apabila dilihat dari puncak Gunung nya, sangat memanjakan mata kita dan ingin terus bolak-balik ke GB hehe..tapi dengan syarat, selamat ketika manjat J

     Namun, hal yang tidak pernah di duga pun terjadi, tepatnya pada Hari Minggu, 03 Mei 2015 menjadi hal yang tragis, sekaligus catatan sejarah bagi semua orang, khususnya masyarakat Gunung Batu. Seorang wisatawan dari daerah cilengsi harus meregang nyawanya setelah terpleset dari atas puncak gunung batu, terkejut mungkin yang dirasakannya atau langsung tidak sadarkan diri, entahlah saya pun tidak tahu jelas kejadiannya, hanya saja keingintahuan saya untuk menguak kejadian ini ternyata ada hasilnya juga.
      Admin sendiri tidak tahu betul, kronologi kecelakaanya kaya gimana, namun ada seorang sahabat dari korban yang mau bercerita terjadinya kaya gimana, jadi korban bersama pasangan (pacarnya) dari daerah cilengsi mungkin bermaksud liburan, ya tepat karna hari itu adalah hari minggu diamana orang-orang lebih senang berlibur di hari itu. Sangat disayangkan sekali, keinginan tidak sesuai dengan harapan, yang tadinya niat berlibur dan bersenang-senang ternyata takdir berkata lain, nasib naas menimpa Andri Cahya Nugraha berusia 23 Tahun, dan tinggal di Pondok Damai Cilengsi. Korban meninggal setelah terpleset dan jatuh dari atas puncak, dengan kedalaman yang cukup curam, kata Sahabat korban, yang saya tanyakan melalui sosial media Facebook “Jadi nya kan seharusnya tuh turunnya posisinya itu badan agak condong ke belakang. Sedangkan dia salah turun itu dengan badan tegak”. Setelahnya dilanjutkan “Kejadiannya jam 3 pas hujan. Ketemunya jam deket2 jam setengah 4. Dikuburinnya jam 11 malem”.

      Kita do’a kan semoga Almarhum senantiasa ditempatkan ditempat terindah yang Allah berikan. Diterima Iman Islam dan segala amal kebaikannya. Amin.
      Untuk menghimbau kepada seluruh wisatawan yang ingin berlibur kemana-mana, utamakanlah keselamatan, jaga sikap dimanapun tempatnya, etika kesopananya dipakai dan tidak pernah berkata sompral atau berkata yang engga-engga, ini salah satu pelajaran berharga buat kita semua, terutama untuk yang hobby travelling kemanapun dan dengan siapapun, tetap berhati-hati dan jaga keselamatan..



TRAGEDI GUNUNG BATU..

Semoga bermanfaat dan selalu Berhati-hati !!

baca juga :
TIPS SEBELUM MANJAT GUNUNG BATU
KARTU HANDPHONE YANG BERLAKU DI GUNUNG BATU

44 komentar:

  1. Mau di mana ajja yg pasti di bumi pertiwi yang indah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ka Ell terimakasih ya ka, sudaah mau hadir..

      Hapus
    2. Mksh semua sudah mendoakan alm kaka saya

      Hapus
  2. slam kenal bos... kunjung balik ya..
    http://www.goozir.com/2015/05/honda-beat-di-export-ke-india.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali, terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  3. Tidak ada penutupan pendakian kan mas? Soalnya saya mau kesanah besok

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada penutupan bang, silahkan kalo mau berlibur dan berwisata, hanya saja kalo boleh saran, tetap sadar istigfar,, dan jaga keselamatan itu yang utama:)

      Hapus
  4. Ia masih jadi trending topic tadi. Turut berduka cita buat kawan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... bner banget mudah"an gak ada korban selanjutnya...

      Hapus
  5. untuk pendakian tetep dibuka ya ? karena ada beberapa info kalo pendakian di tutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendakian masih tetep dibuka setelah dua hari kejadian itu...

      Hapus
    2. iya,, bener,,, pendakian masih teteap dibuka setelah 2 hari setelah kejadiannya saat itu :)

      Hapus
  6. itu saudara sepupu saya...
    terakhir bertemu waktu SMA kelas 2, sedangkan dia sudah kelas 2 SMK didepok
    setelah tidak lama betemu, tiba-tiba dapat kabar bahwa alm. sudah meninggal karena terjatuh dari gunung.
    menurut info dari pakde saya (pak gembong)

    dia sempat tersangkut dipohon, namun karena ada batu yang jatuh menimpa kepalanya, akhirnya terjatuh kebawah.

    dan saya malah baru tahu kalo perempuan yang bersamanya itu pacarnya.
    krena yang saya dengar, itu temannya. sampai2 dia tidak bisa berbicara saat andri jatuh.



    doain saja untuk saudara saya supaya arwahnya tenang disana dan semua dosanya diampuni

    aamiin

    Salam

    Muhammad Nurwanta

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang tabah ya bang.... semoga amalnya diterima Allah swt. amiin

      Hapus
    2. Iya @murahdonk iyah ka saya adik ya alm itu kaka saya yang meninggal ka

      Hapus
  7. Turut berduka yah semoga alm bahagia di surga sana....
    kalau boleh tau apa turun dan banyaknya lewat jalan yang sama yah??

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Istrihat dalam Damai Mas Gembong.
    Saya sudah sering naik sepeda gunung di daerah Gunung batu sejak tahun 2003 dan bulan kemarin saya naik ke puncak jalan kaki. Saya memprediksikan insiden seperti ini karena topography dan condisi saat basah dan jumlah orang yang naik tanpa peralatan keselamatan. Kalau jatuh pada hari libur, pasti lebih dari satu orang meninggal. Kalau Temn-teman kita tidak mau mengalami tragedy lagi, jangan naik GB saat basah atau ramai orang. Pakai helm dan sepatu cocok untuk memanjat, dan jangan menganggap ini mudah supaya anda tidak kehilangan focus dan consentrasi.
    Paul latus, Cibubur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh ka doa ya buat alm kaka ku saya adik ya alm

      Hapus
  10. Tanggal 21 juli apa sudah dibuka gn.batunya?

    BalasHapus
  11. Bareng kita aja boss
    Besok senin, 20 juli 2015
    Bisa hub di nomer ini 021-93969856

    BalasHapus
  12. pas banget jam 2 siang gue baru turun dari sana,, bener-bener umur ga ada yang tau ya :(

    BalasHapus
  13. pas banget jam 2 siang gue baru turun dari sana,, bener-bener umur ga ada yang tau ya :(

    BalasHapus
  14. Teimakasih mas kunjungi blok q jga mas nuroisul80@blogspot.com

    BalasHapus
  15. 17 agustus kemarin ponakan mamah ku jatuh di sana .. pas di ketinggian 500m terpeleset .. prempuan sekitar kelas 3 sma .. brsyukur dia di temukan oleh warga karna jenazah nyangkut di atas pohon .. keluarga baru di kabarin sekitar jm 2 malam .. dan langsung di bawa ke jawa timur untuk pemakaman'a ..
    Tetap jaga keselamatan .. klo ragu atau tidak di ijinkan oleh ortu lebih baik jangan ..

    BalasHapus
  16. 17 agustus kemarin ponakan mamah ku jatuh di sana .. pas di ketinggian 500m terpeleset .. prempuan sekitar kelas 3 sma .. brsyukur dia di temukan oleh warga karna jenazah nyangkut di atas pohon .. keluarga baru di kabarin sekitar jm 2 malam .. dan langsung di bawa ke jawa timur untuk pemakaman'a ..
    Tetap jaga keselamatan .. klo ragu atau tidak di ijinkan oleh ortu lebih baik jangan ..

    BalasHapus
  17. Kejadian yg di posting itu pas bgt saya lagi jalan turun.. Dan disitu memang bnr abis ujan.. Jalan nya juga licin karna tanah merah mulu, pas lagi ditengah jalan mau turun dari atas pada teriak "ada yg jatoh" kita semua teriak supaya sampai ke warga sekitar buat tolong.. Dan sempet terdengar juga korban teriak minta tolong, dan suaranya itu kenceng bgt dan terdengar kesakitan, setelah dia tweiak gitu saya langsung gemeter dan seketika nangis.. Sempet sehabis itu saya urungkan niat buat ngedaki lagi karna agak trauma.. Tapi semua mesti hati2.. Karna musibah gak kenal dimana tempatnya.. Semoga alm. Ditempatkan disisi nya aminnn 🙏😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin wa saya ka 083811239069 saya adik ya alm

      Hapus
    2. allhamdulillah,, selalu jaga keselamatan dimanapun berada ya

      Hapus
  18. tulisannya bermanfaat sekali kak, saya pernah penasaran dengan kakak yg in memoriamnya terpasang diatas puncak gunung batu jonggol ini, sempat berfoto diatas nama Alm. Andri Cahya Nugraha, pesannya untuk para pendaki selalu berhati-hati dalam melakukan perjalanan pendakian, tujuannya selamat sampe rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka add fb aku aja aku adik ya alm ya atau wa saya ka 083811239069

      Hapus
    2. maksih mustika udah mampir,, allhamdulillah kalo bermanfaat...

      Hapus
  19. Bang Apakah Anak2 Boleh Naik Gunung Batu Sekitar Umur 12-15 Boleh Gak Bang?

    BalasHapus
  20. Bang Apakah Anak2 Boleh Naik Gunung Batu Sekitar Umur 12-15 Boleh Gak Bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barusan saya habis dari gunung batu jonggol . Saya tidak tau bahwa pernah ada korban . Untung saya baca ini serelah sampai rumah . Mungkin kalau saya membaca ini sebelum saya berngkat kesana saya bisa urungkan niat saya ☺syukur alhamdulillah saya selamat sampe rumah .

      Hapus
    2. iya allhamdulillah kalo gitu ya,, hehehe

      Hapus
    3. sebenernya boleh,, tapi bahaya,, karna gak ada pengaman sedikitpun disana...

      Hapus
  21. saya masih ingat pengalaman saya sampai di GB karena kesasar..
    akibat terlalu percaya GPS..
    tapi saya jadi tau ada gunung yg bagus disana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agus Setiawan... sekarang udah ke GB lagi belum ? gunung batu dah kebakaran...

      Hapus
  22. Kemarin jumat 1 september 2017 saya dr GB.
    Itu yg ke 2x nya saya kesitu...
    Ardius rudi iya itu kebakaran kenapa...
    Tapi jadi bagus juga jadi lebih enak liat pemandangan nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kebakaran.. biasa nya org sini sendiri yang sengaja ngebakar taneman kering... eh malah jadi merembet.. tiap setahun pasti ada 3-4 kali kebakar... yang kasian penghuni gunung.. binatang binatangnya pada turun ke bawah ke pemukiman warga.

      Hapus
  23. Baru kemarin saya naik ke GB gk nyangka ada tragedi seperti ini...
    Semoga amal dan ibadah alm diterima disisi-Nya...🙏

    BalasHapus
  24. Turut berduka cita yaaa semoga beliau d terima d sisi-Nya

    BalasHapus